Timnas Kita Dulu Pernah Ikut Piala Dunia lho...


Tidak disangka, ternyata Tim Nasional Sepakbola Indonesia pernah ikut piala dunia. Keikutertaan Indonesia ini memiliki kebanggaan tersendiri dan merupakan bagian dari sejarah piala dunia. Indonesia pun menjadi tim Asia pertama yang berpartisipasi di Piala Dunia FIFA pada tahun 1938.

Pada saat itu mereka masih membawa nama Hindia Belanda dan kalah 6-0 dari Hungaria pada babak pertama. Keikutsertaan Indonesia pun tercatat sebagai negara Asia pertama yang masuk ke putaran final Piala Dunia.

Indonesia tampil di Piala Dunia akibat pengunduran diri Jepang dalam babak kualifikasi. Jepang menolak hadir dan memberikan kesempatan bagi Hindia Belanda untuk tampil mewakili zona Asia di kualifikasi grup 12. Lalu Amerika Serikat yang jadi lawan berikutnya menyerah tanpa bertanding.

Piala Dunia tahun 1938 sendiri di adakan di Prancis. Pertandingan Indonesia vs Hongaria berlangsung di Reims, Stadion Velodrome Municipale yang kapasitas penonton 10.000 orang. Pertandingan berlangsung pada tanggal 5 Juni 1938, pukul 17.00 waktu setempat.

Kemenangan Hongaria atas Indonesia, gol dicetak masing-masing oleh: Vilmos Kohut,
Geza Toldi, Gyorgy Sarosi (dua gol) dan Gyula Zsengeller (dua gol).

Adapun susunan pemain Indonesia adalah: MF Anwar, FW Van Beusekom, MF Bing, MF Faulhaber, GK Harting, DF Hu Kon, DF Kolle, MF Meeng, MF Nawir, FW Pattiwael, DF Samuels, FW Soedarmadji, FW Taihuttu, FW Tan H. D., GK Tan M. H., FW Tan S. H., FW Teilherber, FW Telwe, MF Van Den Burgh, FW Zomers.

Source : http://circle888.blogspot.com/2010/06/timnas-sepakbola-indonesia-pernah-ikut.html

0 Response to "Timnas Kita Dulu Pernah Ikut Piala Dunia lho..."

Post a Comment

ngoceh boleh no spam okey...